Laman

Selasa, 07 Juni 2016

CARA PRAKTIS MEMBUAT PIT DESIGN TAMBANG (MINESCAPE)


Buat yang masih bingung cara membuat pit design tambang  khususnya dengan software Minescape, Berikut cara praktisnya, tanpa harus bolak balik buka modul :

1. MEMBUAT BENTUK DASAR PIT
  • Buat garis batas ekonomis tambang berdasarkan hasil resgraphics
  • Duplicate subcrop
  • Intersect subcrop dengan garis batas ekonomis tambang sehingga  membentuk suatu polygon
  • Drape polygon pada floor seam yang akan dijadikan batas akhir penambangan
  • Filter vertex polygon

2. MEMBERLAKUKAN SIDE DEFINITION PADA SETIAP SISI POLYGON
Page Opencut: STRIP_DESIGN - TAG DESIGN SEGMENT
Berlakukan side definition pada polygon  yang sudah dibuat di tahap 1

3. MEMBUAT BENCH
Page Opencut: MINESCAPE EXPLORER - SPECS - CREATE - PILIH CATEGORY BENCHES
Buat bench untuk elevasi positip dan negative. Gunakan calculate untuk memudahkan pembuatan bench.

4. PROYEKSI CREST DAN TOE
Page Opencut: STRIP_DESIGN- RAMPS -PROJECT AND OFFSET
  • Tentukan nama output layer untuk crest, toe, rays dan ramp.
  • Tentukan benches yang digunakan
  • Tentukan metode yang digunakan pada saat project dan offset, misalnya element dan bench.
  • Pick Id polygon kemudian pilih Install.
  • Tentukan start dan finish bench berdasarkan nilai minimum dan maksimum elevasi dari polygon pit.

5. MEMBUAT POLYGON BOUNDARY DARI PIT
Ada dua cara untuk membuat polygon boundary:

A. INTERSECT PIT DENGAN SURFACE TOPOGRAPHY

    A.1   MINESCAPE EXPLORER – SURFACES – PROCESS –  INTERSECT SURFACE
  • Masukkan nama design file dan layer yang berisi pit yang akan diintersect.
  • Masukkan nama surface topography

    A.2   Buat Triangle dari pit yang sudah diintersect: MODEL – TRIANGLES – DESIGN
  • Masukkan nama design file dan layer yang berisi pit yang telah diintersect
  • Tentukan nama triangle file, triangle layer dan triangle surface
  • Pada bagian Boundary Polygon Output  tentukan design file dan nama layer untuk boundary. Boundary polygon  ini akan digunakan sebagai batas boundary pit pada saat perhitungan reserve.
  • Tentukan convexcity

B. INTERSECT SURFACE PIT DENGAN SURFACE TOPO

     B.1  Buat triangle dari pit (pit yang belum diintersect dengan topo)
     MODEL – TRIANGLE – DESIGN
  • Masukkan nama design dan layer dari pit yang akan di triangle
  • Tentukan nama triangle file, triangle surface dan triangle layer
  • Tentukan convexcity
  • Boundary Polygon output tidak perlu diisi

     B.2   Buat polygon boundary dari pit dengan cara intersect surface pit & surface topo
     GRAPHICS – SECTION – SURFACE EXPOSE
  • Pada bagian  Input masukkan nama surface hasil triangle dari pit
  • Pada bagian surface expression masukkan nama surface topo
  • Tentukan nama design file dan layer untuk menyimpan hasil boundary line intersection (boundary   ini digunakan sebagai batas boundary pit pada saat perhitungan reserve)
  • Masukkan nama grid spec yang akan digunakan pada saat intersect.
  • Karena hasilnya masih berupa boundary line maka harus di convert menjadi sebuah polygon
  • B.3 Buat surface  expression untuk batas bawah pada saat perhitungan reserve.
     MINESCAPE EXPLORER – SURFACES – EXPRESSION CREATE 
  • Tentukan nama surface
  • Pada bagian expression ketikkan Min (topo, max (pit_design, floor))
  • Topo adalah nama surface topography, pit_design adalah nama surface hasil triangulasi pit (tahap 5.B.1) dan floor adalah surface floor dari seam yang akan dijadikan batas akhir penambangan.

6. PERHITUNGAN RESERVE dari  PIT
Page Opencut: Reserves - Samples-Polygon
  • Tentukan nama schema, model type dan model quality
  • Tentukan nama polygon kemudian pick Id polygon boundary hasil  tahapan no 5 (5A atau 5B)
  • Tentukan nama output table
  • Tentukan setup/control
  • Tentukan top dan bottom limit. Top limit adalah surface paling atas yaitu  topo dan bottom limit adalah  surface  triangle dari pit yang telah diintersect ( tahapan 5.A.1) atau surface expression hasil tahapan no 5.B.3

14 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Syl, kita saling kenal ga ya ? *maaf aku meragu*
    krn kamu mirip sama teman aku waktu jambore dulu di Pasaman.
    Maap keun kalo salah :)

    BalasHapus
  3. min bisa bagi tutorial minexnya...?

    BalasHapus
  4. Salam Kenal...
    Lebih bagus lagi tutorialny dibuat video mba..

    BalasHapus
  5. Salam kenal, kalau tidak bisa muncul interval mass d tablet hasil reserve sample polygon, itu kenapa ya Mba ? Padahal sudah sampai d resgraphic. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  6. Ada tutorial video nya lebih membantu mbak. Saya harap. Mksh

    BalasHapus
  7. mbak kalau ada video nya boleh dishare ke email saya budi.prastyo2186@gmail.com

    BalasHapus
  8. min bisa minta tutorial minescape 4.118 untuk pemula,
    kalo ada videonya boleh dishare ke email saya triatumangger@gmail.com

    BalasHapus
  9. min boleh minta datanya untuk latihan, boleh dikirim ke email Oktarizqi@gmail.com

    BalasHapus
  10. Min mau tanya, caranya design pit digabungkan ke map kayaknya itu .Gimana ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dikirim ke email Gito0794@gmail.com

      Hapus
    2. Setuju. Boleh dikirim ke email Brianeka99@gmail.com juga,.

      Hapus